Categories
Rumah

Area Pribadi Si Kecil

Ruang Tidur Anakku

Tidak hanya orang dewasa. Ruang tidur anak kami pun harus dibuat nyaman. Dengan nuansa warna merah muda kesukaannya, bisa membuat anak perempuan kami lebih nyaman beristirahat, belajar, maupun bermain di dalam kamarnya.

Tahukah Anda? Pada rumah tradisional Bengkulu zaman dulu, terdapat ruangan yang disebut bilik gadis, yaitu kamar untuk anak perempuan. Letaknya biasanya dekat dengan kamar utama yang dinamakan bilik gedang. Hal itu dibuat agar orang tua lebih mudah mengawasi anak perempuannya. Lalu bagaimana dengan anak laki-laki? Bagi keluarga yang tidak memiliki kamar bujang–kamar untuk anak laki-laki remaja– maka anak laki-laki biasanya menggunakan ruang tengah rumah untuk tempat makan dan tidur. Bersyukurlah anak laki-laki dan perempuan di masa sekarang yang sudah bisa memiliki kamar masingmasing dan berdesain unik sesuai kesukaan. Senangnya.

Ruang Pribadi, Banyak Fungsi

Seperti pada umumnya, ruang tidur memiliki fungsi utama untuk beristirahat. Namun bagi seorang anak, ruang tidur tidak sekadar untuk tidur. Banyak hal yang bisa dilakukan anak di dalam kamarnya. Bahkan sebagian besar waktu anak dihabiskan di kamar. Kegiatan yang dilakukan anak di dalam ruang tidurnya, mulai dari melepas lelah setelah melakukan aktivitas, bersantai, belajar, membaca, hingga bermain. Karena begitu banyaknya fungsi ruang tidur bagi anak, maka desain dan suasana yang nyaman menjadi sangat penting supaya anak bisa belajar dengan maksimal, istirahat dengan baik, dan betah berada di kamarnya.

Pentingnya Dekorasi

Bagi seorang anak, untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman diperlukan suasana yang akrab dengan dirinya. Oleh karena itu, dekorasi di ruang tidur anak menjadi faktor penting. Mungkin timbul dalam benak Anda, bagaimana cara mendesain kamar anak yang baik? Pertama-tama bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti memilih warna yang akan menjadi tema kamar tersebut.

Tetapi jangan sepelekan elemen warna, karena warna dapat mempengaruhi perilaku dan perasaan anak. Contohnya warna-warna cerah, yang dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Tetapi ruangan yang terlalu dibanjiri warna terang bisa juga menyebabkan anak jadi hiperaktif.

Hal penting lainnya agar kenyamanan rumah tetap terjaga tentunya harusnya ada sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif. Harga genset yang murah untuk rumah tangga ataupun untuk apartemen dapat dipesan pada Distributor jual genset Cummins di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *