Categories
Rumah

Bukan Sekadar Tempat Istirahat

Ruang tidur merupakan sebuah ruang yang wajib ada dalam sebuah rumah ideal. Keberadaannya sendiri, adalah wujud bagaimana manusia berusaha menciptakan sebuah tempat tinggal yang nyaman, meski awalnya mereka hidup nomaden. Pada umumnya, ruang tidur memiliki fungsi utama sebagai ruang beristirahat. Peranannya sebagai ruang istirahat ini kemudian menuntut agar sebuah ruang tidur (melalui beragam elemen pengisinya), harus dirancang agar dapat menjadi tempat yang nyaman, rileks, dan yang paling penting, sehat. Namun, di samping itu, terdapat fungsi lain yang tak kalah penting. Fungsi tersebut yakni sebagai ruang privasi dan ekspresi diri.

Ruang Privasi

Dalam rumah tradisional masyarakat Jawa, dikenal sebuah ruang bernama senthong tengen, yaitu bilik atau ruang yang terletak di sebelah kanan, dan berfungsi sebagai ruang beristirahat bagi pemilik rumah untuk beristirahat selepas beraktivitas. Namun, tak hanya sebagai ruang peristirahatan saja, ruang ini juga menjelma sebagai ruang privasi, di mana hanya pemilik rumahlah yang boleh masuk ke dalam ruangan tersebut. Berangkat dari hal tersebut, dapat terlihat bahwa keberadaan ruang tidur memiliki fungsi lain di samping sebagai ruang istirahat, yaitu ruang privasi.

Efeknya, di masa kini, ruang tidur selalu didesain sebagai ruang privat tertutup yang seringkali tak boleh dimasuki sembarang orang. Agar senada dengan fungsi tersebut, tata letak ruang pun akhirnya disesuaikan. Bagi orang-orang yang menginginkan privasi lebih, peletakkan tempat tidur pada posisi yang tak langsung terlihat ketika pertama kali membuka pintu, menjadi alternatif pilihannya. Tak jarang, beberapa di antaranya juga kerap menyisipkan sekat di balik pintu untuk menjamin privasi ketika sedang tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *