Nasinya Dibakar Langsung di Dalam Kendil

Tampaknya nasi bakar yang sempat meramaikan kuliner Indonesia beberapa tahun lalu, makin “ramai” saja. Di Yogyakarta, nasi bakar yang selama ini dibungkus daun, disajikan lebih kreatif lagi karena dibakar langsung di dalam kendil. Tentu aromanya langsung jadi berbeda. Selain itu penyajiannya juga jadi lebih unik lagi.

Untuk mencicipi nasi kendil bakar ini, Anda bisa berkunjung ke kedai Nasi Kendil Bakar Mas Jem yang punya 2 lokasi di Yogyakarta, yaitu di Jl. HOS Cokroaminoto dan Monjali. Jika beruntung, Anda bisa bertemu langsung dengan sang empunya kedai, Geminus Endiansyah AlHaque (26). “Berbeda dengan nasi bakar pada umumnya yang dibakar langsung di atas arang, saya menggunakan kendil tanah liat sebagai media untuk membakar nasi,” jelasnya. Kendil yang digunakan untuk membakar nasi berukuran mungil. Sebelum digunakan, kendil dilapisi daun pisang terlebih dulu. Setelah itu barulah diisi dengan nasi yang sudah diracik dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan taburan teri. “Konsep bumbunya mirip nasi liwet,” imbuhnya.

Setelah dibumbui, nasi dimasukkan ke dalam kendil hingga padat dan penuh, lalu sisa bagian daun pisang dilipat hingga menutupi bagian atas nasi. Setelah itu kendil ditutup, dan diletakkan di atas bara arang kira-kira selama 10 menit hingga aroma wanginya tercium. “Itu tandanya nasi kendil sudah matang,” sambung pria yang terinspirasi dari gudeg kendil ini. Disuguhkan bersama kendilnya Setelah matang, nasi bakar tidak dikeluarkan dari kendil melainkan langsung disuguhkan utuh pada pembeli. Nasi dalam kendil ini disajikan bersama sepiring lauk pauk lengkap berupa ayam bakar, rica tempe, lalapan, dan sambal terasi. Harga menu lengkap ini Rp 15 ribu.

Saat tutup kendil dibuka, aroma harum langsung menyeruak ke rongga hidung. Aroma daun pisang yang terpanggang turut memberi kontribusi aroma serta citarasa istimewa. Meski tanpa santan, nasi yang diolah dengan bumbu rempah ini tak kalah sedap rasanya. Selain ayam bakar, tersedia pilihan lauk lainnya seperti pepes tahu, jamur, teri, dan ayam, hingga ikan bakar. Lokasi kedainya tak jauh dari SPBU Cokroaminoto.

Kedai yang berdiri awal 2013 ini melayani pelanggan mulai pukul 17.00 hingga 23.00. Geminus juga menyediakan layanan antar minimal 3 kendil nasi bakar di wilayah Yogyakarta. Tak sedikit wisatawan lokal dan asing yang menjadi pelanggan nasi kendil bakar istimewa ini. Apalagi jika ditemani teh hangat plus gula batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *