Penerapan Disiplin Tanpa Perang

sat-jakarta.com – Namanya anak-anak, adakalanya mereka sesekali “melanggar” aturan yang disepakati. Kalau ini yang terjadi, apa yang harusnya dilakukan Mama Papa? Pertama, fokuslah untuk mengendalikan diri kita. Memang sulit untuk tetap tenang saat anak berperilaku yang membuat kita kesal, tetapi jangan biarkan anak menekan tombol “marah” kita.

Baca juga : kursus IELTS terbaik di jakarta

Ketika mulai sulit mengontrol diri, carilah ruang untuk menenangkan diri. Setelah tenang, baru kembali dekati anak dan ungkapkan apa yang dirasakan, seperti, “Kak, Mama tidak suka kamu melempar barang. Boleh tolong ambil dan kembalikan pada tempatnya?” Kedua, cobalah mencari tahu dan memahami apa yang terjadi di balik perilaku anak. Jangan-jangan, si prasekolah membutuhkan perhatian orangtua.

Anak-anak prasekolah umum nya mau melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian orangtua, bahkan jika perlu dengan cara berperilaku negatif atau melanggar aturan. Maka, berilah perhatian pada perilaku yang seharusnya dilakukan anak, bukan perilaku yang melanggar aturan. Anak belajar bahwa ia tak perlu melanggar aturan untuk mendapatkan perhatian orangtuanya. Jika anak merengek dan menangis meminta sesuatu, tetaplah tenang atau tak merespons berlebihan pada perilaku tersebut, sehingga anak akan berusaha menemukan cara lain untuk mengungkapkan keinginannya.

Ketiga, berusahalah untuk menjelaskan secara logis setiap perilaku yang perlu dilakukan anak, lengkap dengan konsekuensinya. Saat ia tak mau mandi karena asyik bermain, katakan saja, “Ayo mandi, kamu sudah main seharian. Pasti badanmu keringatan, jadi mandi yuk supaya segar!” Terakhir, orangtua menjadi role model yang konsisten kapan pun di mana pun. Saat kita ingin anak disiplin sikat gigi sebelum tidur, coba untuk sikat gigi bersama.

Lakukan ritual kecil yang menyenangkan, sehingga anak selalu menanti ritual itu sebelum tidur. Sebab hadiah terbaik yang bisa kita berikan pada anak adalah waktu bersama, quality time. Maka, bekali anak dengan pengalam an berdisiplin yang menyenangkan, sehingga membantu anak mengembangkan kemampuan berpikir, sosial, dan life skills, serta mendorong anak untuk yakin bahwa ia mampu. Ini adalah investasi jangka panjang, jadi yuk kita mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *