Serunya Foto Liburan

Akhir tahun seperti ini, banyak orang berlibur dan banyak peluang objek menarik. Berikut beberapa tips agar didapat foto menarik. Gambar Keren

Hindari tengah. Biasanya objek utama ditempatkan di tengah. Hindari itu, terutama jika bisa seimbangkan subyek utama dengan sesuatu di latar belakang. Misalnya saat Natal ingin memotret lilin yang menyala syahdu. Coba tempatkan lilin di sisi kanan, sedangkan sisi kiri isi dengan kerlip lampu pohon Natal tapi dibuat blur (tidak tajam). Hasilnya, sebuah foto yang kreatif dan indah.

Dekati. Kalau tak ada objek lain yang menarik untuk latar, misalnya pohon Natal di kasus nomer 1, maka potretlah lilin dari jarak dekat. Orang juga tertarik dengan objek besar yang memenuhi ruang foto.

Banyak foto. Saat memotret keluarga beramai-ramai, selalu ada saja yang tidak tampil dengan pose terbaiknya. Ada yang berkedip atau mata merem, melirik ke pinggir, menunduk, atau bahkan cemberut. Kamu harus bisa menciptakan suasana pemotretan yang menyenangkan dan memotret sebanyak mungkin, agar tiap anggota keluarga tampil keren. Kalau perlu gunakan ftur continuous shooting yang bisa merekam banyak frame sekaligus dengan sekali memotret.

Selalu siap. Untuk memotret anak-anak yang seringkali tak terduga gerakan dan ekspresinya, selalu siapkan kamera untuk memotret. Kalau perlu install aplikasi agar kita bisa mudah dan cepat mengakses kamera saat layar ponsel mati sekalipun. Misalnya anak sedang membuka kado dengan penuh rasa ingin tahu, juga ekspresi gembiranya saat isi kado membuatnya gembira.

Hindari flash indoor. Saat memotret dalam ruang, hindari pemakaian flash karena foto akan tampil datar, efek mata merah dan warna yang tanpa dinamika. Daripada pakai flash, lebih baik ambil cahaya dari jendela atau pintu yang terbuka. Tapi jangan masukkan jendela ke dalam foto karena akan mengacaukan sistem pengukuran cahaya terhadap objek utama. Sebaliknya, pakai flash saat di luar ruang untuk menghilangkan bayangan objek dan backlight (saat objek membelakangi sumber cahaya).

Pantulan. Cara tercepat dan termudah mendapatkan foto yang berbeda dan artistik adalah fokus pada pantulan oyek dariapada objeknya sendiri. Misalnya saat bercermin, bayangbayang, pantulan di genangan air, pantulan cahaya lampu, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *