Menjaga Kesehatan Anak Dalam Bencana Asap Bag2

? Gunakan pelembap udara (humidifier) atau bernapas lewat kain basah untuk menjaga kelembapan mukosa napas anak. ? Kurangi aktivitas di luar rumah. Bila keluar menggunakan mobil, tutup jendela dan ventilasi mobil, pasang AC mobil pada mode re-circulate.

Baca juga : tes toefl Jakarta

? Populasi berisiko tinggi harus segera mencari tempat dengan udara yang bersih, misalnya di rumah, rumah kerabat, atau tempat umum yang berudara lebih bersih. ? Penutupan sekolah dan tempat aktivitas perlu dipertimbangkan jika kualitas udara sangat buruk. Namun, pada kondisi tertentu, sekolah justru dapat menjadi tempat atau ruangan yang aman untuk anak, serta tempat pemantauan aktivitas anak.

¦ Abu Pembakaran Abu yang terkumpul akibat pembakaran dapat menyebabkan iritasi kulit dan saluran napas. Lakukan langkah-langkah berikut: ? Melarang anak-anak bermain dekat asap. ? Gunakan sarung tangan, baju le ngan panjang, dan celana panjang. ? Cuci buah dan sayur segar sebelum dimakan. ? Jangan membuang abu di sa luran pembu angan air, karena akan menyebabkan sumbatan. Sebaiknya abu dibuang di tempat sampah.

¦ Penggunaan Masker ? Masker cat/debu/bedah kurang efektif dalam hal mencegah terhirupnya atau inhalasi partikel halus di udara bebas.

? Masker yang menyaring hingga 95% partikel berukuran >0.3 um (N95) hanya efektif apabila dipakai dengan tepat pada wajah. Tersedia pula N99 dan N100, dalam bentuk full face atau half face dengan filter HEPA, namun tidak nyaman saat dipakai. ? Masker berukuran lebih kecil dari standar bisa tampak sesuai dipakai untuk anak, namun produsen masker tidak menyarankannya untuk anak. Alasannya, masker N95 yang saat ini tersedia belum dirancang oleh produsen untuk digunakan pada anak-anak.

Meskipun beberapa jenis masker N95 sedang ditawarkan untuk dijual bagi anak-anak, namun klaim mereka, efektivitas belum diverifi kasi oleh pihak berwenang, seperti Food and Drug Administration (US FDA). Solusinya, yang paling efektif adalah mengurangi pajanan kabut asap dari anak dengan menghindari paparan asap dan sebisa mungkin membawa anak ke tempat yang berudara lebih bersih. Bila terpaksa harus melakukan aktivitas di luar rumah, tetap gunakan masker bedah atau masker jenis apa pun untuk menghindari paparan asap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *