Tip dan Trik Usir Stres Bag2

Sampaikan apa yang membuat Mama tak bisa lagi melakukan tanggung jawab tersebut dan diskusikan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. 5. Bersyukur atas kehamilan Mama. Tidak semua perempuan bisa hamil dan memiliki anak. Berbahagialah karena dapat mengalaminya. Hanya Mama yang bahagia yang bisa membahagiakan anaknya, oleh karena itu Madilah Mama yang berbahagia.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Agar Kakak Tak Melulu Minta Gendong

Kecuali dalam kondisi darurat, menggendong batita atau mengangkat beban berat sebenarnya tak dianjurkan bagi para mamil. Berikut yang bisa Mama lakukan untuk membuat si kakak yang masih batita agar tak melulu minta gendong. Alihkan perhatiannya dengan mengajaknya duduk sebentar sambil bercerita tentang sesuatu yang bisa menarik perhatiannya atau membacakan buku cerita di pangkuan Mama.

Ini akan menjadi awal yang baik untuk mengajarkannya konsep “duduk bila lelah” dan bukannya digendong. Bila Mama mengajak batita pergi suatu tempat dalam waktu lama, seperti pusat belanja atau wahana bermain, sebaiknya membawa kereta dorong, setidaknya ini bisa mengganti “gendongan” saat batita merasa lelah atau mengantuk. Hindari penolakan dengan sikap atau kata-kata negatiI. Misalnya, menolak gendong dengan cara mengomeli anak, apalagi dengan kekerasan fisik, seperti memukul.

Selain berdampak buruk bagi perkembangan mental anak, anak jadi terbiasa dengan sikap negatiI dan akhirnya kebal. Selain itu, hindari pula kalimat yang merendahkan anak, seperti, “Kok, masih minta gendong? Kalah dong sama adik bayi, payah, ah!” Bila terlalu sering diucapkan, ditakutkan ia akan tumbuh menjadi anak yang minder atau kurang percaya diri. Beri pengertian secara bertahap kalau Mama tak bisa lagi menggendong terlalu lama karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan, seperti, “Kalau sekarang Mama gendong Kakak, Mama bisa sakit.

Jadi, Kakak digendong Papa dulu, ya.” Hindari menjadikan “adik” dalam kandungan sebagai alasan, seperti, “Mama sudah enggak bisa gendong Kakak lagi karena ada adik bayi di perut.” Pasalnya, itu bisa saja menimbulkan kecemburuan yang akhirnya membuat si kakak merasa tersaingi dengan kehadiran sang adik. Hindari bepergian hanya berdua dengan si batita agar ada orang lain yang bisa bantu menggendong.

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *