Sang Prosesor Hemat Daya ala net89

Sang Prosesor Hemat Daya ala net89 adalah – Komputer mengalami perkembangan yang begitu dinamis. Dahulu, memiliki komputer adalah sebuah status yang membanggakan. Namun sekarang, hal tersebut sudah menjadi hal biasa bahkan cenderung menjadi kewajiban. Indikasi ini didapat karena perangkat komputer semakin mudah dimiliki. Hebatnya lagi, ini disertasi peningkatan performa yang fantastis. Walau perangkat mobile seperti tablet dan smartphone setia mengancam eksistensinya, komputer tetap memiliki tempat khusus di hati pengguna setianya. Tak ingin lebih terancam, tren di dunia komputer juga mengikuti permintaan pasar.

Tidak melulu soal performa, kini beberapa vendor komponen komputer telah menghadirkan solusi komputasi yang murah dan hemat energi. Diharapkan dengan begitu, eksistensi komputer tidak semakin tergerus oleh keberadaan perangkat mobile yang seyogyanya memiliki konsumsi daya yang sangat irit. Salah satu contoh vendor yang sadar terhadap isu komputasi yang murah dan hemat energi adalah Intel. Vendor ini merilis beberapa prosesor dalam keluarga Bay Trail. Apa saja yang ditawarkan Intel melalui Bay Trail? Sejarah sebelum Bay Trail Di dunia prosesor, Intel adalah pemain besar. Intel menyediakan beberapa lini prosesor yang memiliki pangsa pasar masing-masing.

Ini dikarenakan tidak semua orang membutuhkan komputer yang berperforma tinggi yang mampu menjalankan game kelas atas. Tidak sedikit orang yang hanya menggunakan komputer untuk sekadar melakukan aktivitas perkantoran seperti mengetik atau membuat presentasi, dan aktivitas ringan lainnya. Intel merespons kebutuhan ini dengan mengeluarkan lini entry levelnya yang diprakarsai dengan kehadiran Intel Atom.

Awal kemunculannya memang bukan di kelas desktop, melainkan di laptop. Namun, berbekal pengalaman dari Intel Atom generasi awal, Intel terus berbenah. Kini, lini entry-level untuk pro sesor hemat energi dipegang oleh Bay Trail. Bay Trail adalah penerus dari CloverTrail, dan dilengkapi segudang perubahan yang cukup signifikan. Berbasis arsitektur Silvermont, Bay Trail telah menggunakan pabrikasi 22nm dan trigate transistor yang berimbas pada rendahnya konsumsi listrik.

Sumber : https://teknorus.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *