DO IT YOURSELF PEMBERSIH AC

DO IT YOURSELF PEMBERSIH AC

Servis berkala AC mobil penting dilakukan. Tanpa menggunakan jasa profesional, anda dapat melakukannya sendiri.

DO IT YOURSELF PEMBERSIH AC

Seiring pemakaian sehari-hari AC mobil tentu akan mengalami penurunan performa. Salah satu faktor yang menyebabkan hembusan udara AC kurang dingin dan muncul bau tidak sedap diakibatkan adanya penumpukan debu atau kotoran yang menempel di evaporator AC.

Kata Sumber : JuanRamadhan.com

Pemicunya adalah kondisi kabin yang sering kotor. Apalagi sistem mekanisme kerja AC mobil memiliki satu lubang penghisap udara yang berada dekat dengan sumber kotoran. Pada kebanyakan mobil posisinya berada di bawah dasbor penumpang depan dan jaraknya cukup dekat dengan karpet mobil Memang rata-rata mobil modern sudah dilengkapi filter AC untuk meminimalisir masuknya kotoran ke evaporator.

Namun, untuk beberapa jenis kendaraan penyaring ini belum disediakan. Artinya jika mobil Anda salah satunya yang belum dipasangkan filter udara AC baiknya selalu menjaga kebersihan kabin secara lebih rutin. “Untuk kendaraan yang memiliki mobilitas di jalanan perkotaan yang padat yang identik dengan polusi udara seperti debu, umumnya servis berkala di lakukan setiap 20.000 km atau dalam jangka waktu setahun, mana yang lebih dahulu,” ujar A.Rohim Pemilik Bengkel Sejuk AC Sukses.

Kemudian sebisa mung kin hindari aksi mem buka jendela terlalu sering saat berkendara untuk sekadar merokok atau hal lain. Namun, untuk langkah amannya sebaiknya Anda segera membelikan filter AC lalu memasangkannya demi umur pakai AC lebih panjang. Agar AC terus bekerja secara optimal, servis berkala tentu perlu dilakukan. Namun, menariknya sekarang di pasaran juga tersedia beberapa pembersih AC aftermarket yang bisa dipakai dengan mudah dan bisa dilakukan secara mandiri atau do it yourself (DIY).

Di antaranya seperti Performance AC Cleaner lansiran Auto One Mechanica, Sonax Car A/C Cleaner, Power Spray Air Disinfectant dan Air ReFresher dari Meguiar’s. Sehingga Anda juga bisa melakukan perawatan untuk sekadar mengurangi kotoran di filter udara AC ataupun evaporator sebelum jadwal waktu servis berkala tiba.

Biayanya memang tidak murah

Membersihkan bagian ventilator yang berada di dalam evaporator memanglah harus menurunkan dasbor. Sehingga biaya setiap mobil pastinya berbeda. Sebagai contoh untuk mobil Toyota Avanza 2013 membutuhkan biaya sebesar Rp 1,5 juta untuk jasa penurunan dasbor sekaligus pengecekan katup ventilator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *