PERAWATAN AC MOBIL

PERAWATAN AC MOBIL

Sistem pendingin udara di dalam mobil seringkali terabaikan oleh pemiliknya. Biasanya begitu menyalakan mobil dan udara terasa panas, langsung menyalakan AC bahkan hingga putaran AC yang besar. Hal ini membuat AC mobil bekerja lebih berat. Termasuk komponenkomponennya seperti eva porator, kondensor, filter udara, freon, bahkan selang-selang penghubung.

Jika ini yang sering terjadi, maka melakukan perawatan AC adalah hal yang penting. Jangan terkecoh dengan temperatur AC yang masih dingin, karena jika kondisi AC tidak terawat, itu seperti bom waktu yang sewaktuwaktu akan mengalami kerusakan. “Jika AC sampai bermasalah, maka yang akan menjadi korban adalah kenyamanan penumpang,” ucap Kitut selaku Kepala Bengkel BMS Motor spesialis AC di Cirendeu.

Sejatinya, perawatan sistem pendingin udara ini perlu dirawat minimal 6 bulan atau 1 tahun sekali. Jika tidak melakukan perawatan, hal yang bisa Anda rasakan seperti udara di dalam mobil lembab, tidak dingin, bahkan bisa membuat tidak ada angin yang mengembus. Lantas, seperti apa fungsi kerja komponen dan bagaimana perawatannya?

Jaga Kondisinya Agar Tetap Dingin

  • FILTER KABIN

Filter kabin biasa digunakan untuk menyaring udara dari luar sebelum dihisap oleh evaporator. Memang beberapa mobil tidak dilengkapi dengan filter kabin dan hanya boks penempatan filter kabin.

Anda bisa melakukan penggantian filter kabin setiap 4 bulan. Filter yang selalu bersih merupakan hal penting karena udara yang diolah akan lebih segar jika bisa tersaring dengan baik.

  • EVAPORATOR

Setiap mobil memiliki kontruksi yang berbedabeda sistem AC-nya. Ada yang harus membongkar dasbor seperti Toyota Kijang Innova, atau ada yang hanya cukup membuka laci dasbor seperti Honda CR-V.

Jika sampai harus menurunkan dasbor, maka biaya yang dikeluarkan akan lebih besar berikut waktu pengerjaannya yang akan lebih lama. Disarankan melakukan servis evaporator setiap 1 tahun sekali.

  • KONDENSOR

Berfungsi membuang panas yang dihasilkan oleh refrigerant yang dipompa oleh kompresor AC dengan bantuan extra fan. Selain itu, fungsi kondensor sebagai perubah wujud gas refrigerant menjadi cair sebelum dikabutkan oleh katup expansi. Bagian ini harus diservis bersamaan saat membersihkan evaporator.

  • SELANG AC

Fungsinya kerap terlupakan karena ini merupakan komponen pasif dan tidak bekerja secara mekanis. Namun karena freon yang dihantarkan bertekanan tinggi, maka fungsinya jadi krusial agar terhindar dari kebocoran.

Perhatikan kondisinya. pastikan agar tidak terjadi kebocoran baik di selang maupun sambungannya. Jika sampai terjadi kebocoran, maka langkah terbaik adalah menggantinya. Lakukan pengecekan setiap 6 bulan sekali.

  • GANTI FREON

Memang tidak ditentukan berapa lama waktu penggantian freon ini, namun dalam kurun waktu 6 bulan harus melakukan pengecekan. Penamba han freon pada saat pengecekan maksimal -5 derajat sampai 0 derajat dan semua itu tergantung kondisi kompresor.

  • OLI KOMPRESOR

Pengecekan oli dilakukan bersamaan dengan pengecekan freon per 6 bulan. Apabila tidak ada kebocoran pada selang, maka oli tersebut tidak harus diganti. Penggantian oli hanya untuk menjaga optimalisasi kinerja kompresor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.