Salah Satu Penyebab Kabin Bau

Salah Satu Penyebab Kabin Bau

Tidak jarang ruang kabin menjadi bau akibat bocornya udara luar. Jika Anda termasuk salah satu korban, maka inilah solusinya

Salah Satu Penyebab Kabin Bau

Setiap bagian di dalam mobil memang terpisahkan oleh celah-celah kecil. Sama halnya dengan kompartemen AC, yang memiliki ruang ventilator dan dapat terbuka serta tertutup. Keduanya dapat diatur melalui tuas atau tombol di dalam kabin. Salah satu komponen utama dari AC mobil adalah ventilator.

Komponen ini sebagai tempat pengatur udara dari luar dan dalam kabin. Jika bagian ini tidak tertutup rapat maka udara dari luar akan masuk dan menyebabkan bau. Terkadang meski pada tombol sudah di posisi menutup, namun katup ventilator tidak tertutup rapat akibat tumpukan debu.

“Biasanya, AC memiliki lubang untuk mengatur udara yang akan masuk ke jalur sirkulasi AC. Dan umumnya, lubang udara tersebut akan terletak di bawah dasbor mobil dan cukup rendah, hingga rentan mengisap debu atau udara kotor dari bagian luar mobil,” ungkap Kitut selaku kepala bengkel BMS Motor.

Ventilator itu sendiri bisa dibuka demi sebuah alasan baik. Yaitu agar ada sirkulasi udara segar dari luar kabin untuk masuk ke dalam. Tapi yang menjadi masalah adalah jika lalu lintas yang sedang atau sering Anda lewati kotor dan penuh debu.

Maka udara luar yang masuk ke dalam pun juga ikut kotor. Kotor inilah yang pada akhirnya menyebabkan bau. Meski di dalam kabin terdapat filter, tapi bagian ventilator ini kerap kurang diperhatikan oleh pemilik. Atau bahkan ada beberapa mobil yang tidak memiliki filter kabin sehingga udara kotor bisa langsung ter isap oleh evaporator.

Karena alasan tersebut, pentingnya Anda memahami fungsi tuas atau tombol pembuka ventilator. Apabila pada tuas sudah menandakan tertutup tetapi udara masih masuk, tandanya Anda sudah harus mulai mengecek kondisinya ke bengkel spesialis AC terdekat.

Cara Bersihkan Ventilator AC Mobil

Membersihkan bagian ventilator ini memang terhitung sulit. Anda harus mencopot bagian dasbor satu per satu terlebih dahulu. Selanjutnya, membuka bagian evaporator yang di dalamnya terdapat ventilator.

Tak hanya itu, komponen ini juga terhitung rentan karena seluruh bagian terbuat dari plastik. Material lain pada ventilator adalah busa dan karet penutup yang bisa cepat lembek dan tidak menahan udara. Umumnya ventilator pernah terbuka dan lupa tertutup kembali, hal itu menyebabkan udara luar masuk dan bau di dalam kabin.

Gejala ini diakibatkan katup sudah melemah atau bahkan tidak rapat. Setelah membukanya, bersihkanlah bagian katup ventilator. Sebelum bagian ini dipasang, pastikan katup ventilator bisa tertutup dengan rapat saat tuas sirkulasi menutup.

Saat memasangnya lakukan pula dengan pembersihan filter kabin. Hal ini agar angin bisa berembus secara kencang. Setelah bagian dasbor dinaikan, hidupkan AC dan putar AC hingga embus paling besar. Maka angin akan terasa berembus secara kencang dan dingin pun mulai terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *